-->
b269a6cd9c7fb6390d4ff2603151f87eb8490f288203181e72c51be3c386017e204ba57b71771155

Cara Mencopot Kaca Film Mobil serta Cara Membersihkan Lem yang Tersisa

Maret 10, 2020 Posted By: Admin Dosen KW
Jemerik Otomotif - Mobil akuarium tanpa kaca film memang membuat kita tidak nyaman, selain kabin terlihat jelas, sinar matahari juga akan membuat penumpang di dalam silau dan kepanasan. Kaca film memang sangat berguna bagi mobil anda.

Cara melepas kaca film mobil lengkap tutorial

 Namun, kaca film yang sudah berumur pasti akan tidak fungsional lagi alias rusak. Beberapa kejadian di antaranya kaca film menjadi berwarna ungu dan mulai muncul titik-titik gelembung kecil di mobil anda. Kaca film yang berubah menjadi ungu ini disebabkan bahan celupan nonmetalik dari film rusak dan berganti warna. Adapun munculnya titik-titik gelembung disebabkan perekat yang digunakan untuk menempelkan kaca film ke kaca jendela juga sudah tidak merekat lagi.

 Oleh karena itu, semakin lama titik gelembung akan semakin banyak. Kalau sudah demikian, tidak ada cara lain kecuali mencopot kaca film tersebut. Jika anda langsung menarik saja kaca film, hasil pencopotannya tidak akan sempurna dan masih ada sisa dari kaca film tersebut. Berikut ini beberapa metode untuk mencopot kaca film di mobil anda.

Metode pertama adalah medtode pemanasan, caranya akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pada metode pemanasan ini, anda bisa menggunakan alat streamer yang digunakan untuk menghilangkan bau dari mobil atau menggunakan alat seperti hair dryer/pengering rambut. Namun khusus untuk hair dryer lebih tinggu dibandingkan streamer.
  2. Panaskan ujung-ujung kaca film dengan streamer. Sampai ujung kaca film tersebut copot dan bisa ditarik dengan kuku jari anda.
  3. Kemudian kulepas kaca film tersebut sambil terus memanaskan bagian-bagian  yang dikelupas. Saat mengelupas, anda harus melakukannya dengan pelan-pelan, karena jika dikelupas terlalu keras, maka kaca film akan pecah atau anda hanya akan mengelupas bagian atas dari kaca film, sementara bagian perekat dari kaca film masih menempel.
  4. Bersihkan lem perekat kaca film sisanya dengan menggunakan handuk. Tekan dengan keras sehingga lem tersebut menempel di handuk dan bukan justru makin melebar. Jika menbandel, panaskan terlebih dahulu lem dengan pemanas, sebelum dibersihkan dengan handuk.
  5. Setelah bersih dari lem dan kaca film, Anda bisa membersihkan kaca dengan cairan pembersih kaca yang banyak dijual di toko.


Metode kedua adalah metode penyabunan, Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buatlah goresan kecil di kaca film dengan menggunakan cutter, sehingga muncul garis yang bisa anda tarik.
  2. Kelupas kaca film tersebut. Menang tidak akan rapih karena kaca film akan menjadi beberapa potongan kecil.
  3. Semprotkan sisa lem perekat dengan air dicampur sabun detergen.
  4. Kerok lem tersebut dengan menggunakan cutter atau silet. Pastikan semua lem sudah terangkat.
  5. Setelah semuanya bersih, bersihkan kaca dengan cairan pembersih kaca seperti sebelumnya.
View: - Tags: Perawatan Mobil