b269a6cd9c7fb6390d4ff2603151f87eb8490f288203181e72c51be3c386017e204ba57b71771155

Tak Mau Tertipu? intip 10 Tips ini Agar Terhindar dari Penipuan saat Bertransaksi atau Belanja Online

September 24, 2019 Posted By: Admin Setdowr ID
Kamu mau melakukan transaksi??atau takut kena tipu dalam bertransaksi online, terlalu percaya kepada orang asing atau orang yang belum kamu kenal bisa membuatmu terjurumus dan biasanya mereka para penipu juga memberikan rayuan-rayuan maut agar kamu tergiur untuk membeli barang atau jasa miliknya.

Jujur saja ,saya sendiri juga pernah mengalami hal tersebut yaitu KENA TIPU!, Sungguh saya menyesal sekali kehilangan uang 100ribu yang dulu mau buat beli sepatu, malah kena tipu orang?!!.

Okeh, Kali ini saya akan memberikan Tips untuk kalian yang ingin bertransaksi online, Setidaknya kalian semakin waspada akan kejadian tersebut, karena ditipu orang tidak semanis di dirindu mantan,eakkksss ngomong apa sih wkwk.


TIPS MENGHINDARI PENIPUAN DALAM BERTRANSAKSI, BERBISNIS, ATAU BELANJA ONLINE

 

1. Gunakan Jasa Rekber Terpercaya


 Saya sangat merekomendasikan anda menggunakan penyedia jasa rekening bersama atau rekber, karna cara ini sungguh sangat aman karena seorang penipu pasti akan menolak anda saat anda mengajukan rekber baik.
  Dalam rekber data kamu dan data penjual akan dimintai seperti KTP,dll. Cukup mengeluarkan uang 10ribu-20ribu sebagai imbalan untuk si penyedia rekber. saya menganjurkan gunakan rekber mbah Tri Haryanto, karena jasa dia terbilang ramah dan sudah ribuan orang pakai jasa mbah Tri.

2. Cek Biodata/profil Penjual

 Kamu harus mengecek dahulu, apakah foto profil yang digunakannya asli, dan lihat mulai dari tempat lahir,sampai dengan kesehariannya(bila dia sipenjual menggunakan fb).
Jika anda merasa ragu dengan profil sipenjual tersebut, maka hentikan transaksi yang anda jalani dengan si penjual tersebut.

3. Jangan Mudah Percaya

 Saat kita ditawari barang atau jasa, jangan mudah percaya dulu cari dan ketahui asal usul orang tersebut, andai kamu orangnya termasuk orang yang gampang yang percaya sama orang yang baru kenal maka saya pastikan anda akan mudah tertipu. 
 Jadi cari dulu apa yang dia jual dan apakah dia benar-benar menjual hal tersebut atau hanya berpura-pura.

4. Utamakan Transaksi menggunakan Transfer Bank

 Menggunakan transfer bank saya rasa ini cukup aman, karena jika si penipu menggunakan banknya untuk menerima transferan dari kita,dan jika dia menipu kita, kita bisa melacak dengan lapor ke pihak bank yang dia pakai.
 Walaupun dibilang aman anda harus tetap waspada karena penipu jaman sekarang lebih smart dari kita.

5. Jangan Mudah Tergiur Harga Grosir Murah/Cuci gudang
source hipwee
  Bila tiba-tiba ada yang menawarimu dengan barang BM atau black market dan dia posting di sosmed dengan tulisan cuci gudang, saya berani jamin dia fix penipu. 
 Harga yang mereka tawarkan sungguh tidak logis karena harga yang ditawarkan bisa sampai 25% dari harga asli barang tersebut.

6. Perhatikan gerak gerik sipenjual Barang Tersebut


 Saat kamu ingin membeli barang ke seorang penjual online atau online shop,lihat dulu aktivitas akhir-akhir atau aktivitas terbaru yang dilakukan orang tersebut .
 Misal kamu lihat dulu status fbnya bila dia menggunakan fb untuk online shop. Bila kamu merasa ragu dengan orang maka segera batalkan seluruh transaksi dengan orang tersebut.

7. Perhatikan cara chat sipenjual dengan anda
source motorplus
 Lihat dan amati sepanjang chatmu dengan sipenjual, bila dia seorang penipu maka dia akan berusaha memakasamu secara halus untuk membeli barang atau jasa yang dia tawarkan. Jika kamu ragu dengan chat sipenjual tersebut maka tinggalkan cari penjual yang lain.

8. Jangan Terburu-buru mengambil Keputusan

 Saat kamu chat dengan si penjual yang mau menipumu biasanya kamu dipaksa secara halus untuk membeli barang atau jasa tersebut ....,dan kamu pun tertarik untuk membelinya saat itu juga kamu akan terburu-buru untuk membeli barang tersebut,padahal dia mau menipumu.
 Jadi saran saya dibikin santai saja karena kita kan pembeli dan ingat pembeli adalah raja

9. Mintalah biodata diri/KTP sipenjual

 Jangan ragu-ragu untuk minta biodata diri sang penjual tersebut karena kitakan sebagai pembeli ingin tahu apakah orang itu benar-benar dia atau meyamar sebagai orang lain.

10. Mintalah pendapat ke banyak orang tentang sipenjual tersebut

 Jangan malu bertanya ,bisa bertanya digrup sosmed atau ke orang sekitar yang paham soal transaksi, intinya mintalah pendapat jangan hanya kepada satu orang saja.

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

Semoga Tips dari saya untuk meghindari penipuan saat bertransaksi online baik beli barang atau jasa ini bermanfaat untuk anda.

Silahkan berikan komentar anda tentang artikel diatas
View: - Tags: shopping